Realisasi Zero Waste School di SMKN 1 Mataram

Selasa, 01 November 2022 By. Tim Media SMKN 1 Mataram

            Sampah plastik di kota Mataram masih menjadi PR besar untuk kita semua. Pemanfaatan dan pengelolaan yang masih minim, terbukti dari masih tingginya giat impor bahan baku untuk bahan daur ulang. Tentunya hal ini menghasilkan rasa keprihatinan yang sangat tinggi di kalangan pemerintah dan masyarakat, khususnya di SMKN 1 Mataram. 

Giat seminar Zero Waste School yang diikuti perwakilan SMKN 1 Mataram pekan lalu merupakan kolaborasi Greeplace, Nol Sampah, Dinas Lingkungan Hidup NTB dan Dikbud NTB. Giat tersebut menjadi penguat ide Tim Ekskul Seasapala (Sekolah Ekonomi Atas Satu Pencinta Alam) SMKN 1 Mataram untuk membentuk Bank Sampah Sekolah. Tim Ekskul Seasapala berkerjasama dengan  Bank BPD Bali untuk mengelola Bank Sampah di SMKN 1 Mataram.

Bapak Indra Kristanto selaku Ketua Unit Produksi (UP) di SMKN 1 Mataram menyampaikan bahwa “bank sampah ini adalah wujud realisasi zero waste school di SMKN 1 Mataram dan menjadi kelanjutan dari program peningkatan transaksi digital di NTB.”

Untuk cara kerja Bank Sampah, Bapak Indra menjelaskan bahwa “seluruh warga sekolah mengumpulkan sampah plastik yang diserahkan kepada petugas Bank Sampah Sekolah. Dimana petugas Bank Sampah ini terdiri dari anggota Tim Ekskul Seasapala.”

“Hasil tabungan sampah plastik ini, akan disimpan dalam buku tabungan yang juga bisa dimasukkan sebagai saldo Balipay,” lanjut pak Indra.

Setiap hari para siswa wajib menukarkan sampah plastiknya dengan tiket “pulang”. Mereka diperbolehkan pulang setelah mendapatkan tiket ini. Tentunya aturan ini bisa menjadi suksesnya pelaksanaan Zero Waste School di SMKN 1 Mataram.

Semoga dengan dijalankannya program Zero Waste School dengan terwujudnya Bank Sampah di SMKN 1 Mataram ini dapat menumbuhkan semangat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan semangat menabung dari seluruh warga sekolah, khususnya para siswa. Mengubah sampah menjadi rupiah adalah motivasi positif untuk mewujudkan sekolah bebas sampah plastik.